VII. INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BK/KONSELOR |
|
|
|
|
|
|
|
NO |
TUGAS UTAMA DAN
INDIKATOR KINERJA GURU BK/KONSELOR |
HASIL ANALISIS KAJIAN
ATAU KESIMPULAN DARI DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL
PENGAMATAN |
BUTIR
PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU BK/KONSELOR |
HASIL PENILAIAN |
YA |
TIDAK |
A |
PERENCANAAN LAYANAN BK |
|
|
1 |
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi
layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan
BK. |
|
a. |
Program BK memuat landasan
keilmuan pendidikan (yuridis, filosofis, psikologis, sosial-budaya,
religius). |
|
|
b. |
Program BK memenuhi esensi
layanan BK jalur pendidikan formal. |
|
|
c. |
Program BK memenuhi esensi
layanan BK sesuai jenis pendidikan (umum, kejuruan, keagamaan, atau khusus) |

|
|
d. |
Program BK memenuhi esensi
layanan BK sesuai jenjang pendidikan (SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA/SMK/MAK). |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
2 |
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih
instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta
menggunakan hasil asesmen. |
|
a. |
Instrumen asesmen (ITP, AUM,
DCM, Angket Kebutuhan, dll) dipilih dan digunakan untuk mengetahui kebutuhan
peserta didik terhadap layanan BK. |

|
|
b. |
Analisis data asesmen yang
digunakan dapat mengungkapkan kondisi nyata kebutuhan
peserta didik/konseli. |

|
|
c. |
Hasil asesmen diadministrasikan
dalam himpunan data. |

|
|
d. |
Hasil asesmen digunakan sebagai
dasar untuk menyusun program BK |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
0 |
3 |
Guru
BK/Konselor dapat merancang program BK |
|
a. |
Program BK memuat materi,
bidang, kegiatan layanan/ pendukung, sarana dan biaya, serta jadwal kegiatan. |

|
|
b. |
Materi layanan BK ditentukan
berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik terhadap layanan BK. |

|
|
|
|
|
c. |
Kegiatan layanan BK ditentukan
berdasarkan tujuan materi layanan BK |

|
|
d. |
Kegiatan pendukung BK
ditentukan guna mendukung kegiatan layanan BK yang direncanakan. |

|
|
e. |
Perencanaan sarana dan biaya
disusun secara rasional berdasarkan kebutuhan. |

|
|
|
|
|
f. |
Penentuan jadwal
mempertimbangkan materi, kegiatan layanan, dan kalender pendidikan. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
6 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
B |
PELAKSANAAN
LAYANAN BK |
|
Persiapan Layanan BK |
|
|
|
|
4 |
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan teori dan praksis pelayanan BK dalam penyusunan Rencana
Pelaksanaan Layanan (RPL) |
|
a. |
RPL (Satlan/Satkung) minimal
memuat tujuan, materi (topik atau permasalahan), kegiatan, sumber bahan/alat,
dan instrumen penilaian. |

|
|
b. |
Tujuan dirumuskan secara
operasional sesuai materi dan kegiatan layanan yang diberikan. |

|
|
c. |
Penulisan materi didasarkan
pada rujukan yang jelas. |
|
|
d. |
Perumusan kegiatan sesuai
tahapan kegiatan layanan/ pendukung (misalkan layanan klasikal (pendahuluan,
inti, penutup), bimbingan kelompok atau konseling kelompok (pembentukan,
peralihan, kegiatan, pengakhiran)). |

|
|
e. |
Instrumen penilaian disusun
berdasarkan karakteristik jenis penilaian yang digunakan. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
5 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
Pelaksanaan Layanan BK |
|
|
5 |
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL
(Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. |
Sebelum: |
a. |
Proses
pelayanan BK dilaksanakan secara
efektif sesuai RPL untuk mencapai tujuan pelayanan BK. |

|
|
Selama
: |
b. |
Cakupan materi layanan BK
diberikan sesuai waktu yang tersedia. |

|
|
|
c. |
Proses pelayanan BK memotivasi
peserta didik/ konseli untuk berpartisipasi aktif. |

|
|
Sesudah
: |
d. |
Instrumen penilaian digunakan
secara tepat sesuai rencana kegiatan layanan BK. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
6 |
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
Program
BK, Daftar Siswa Asuh, Peta Siswa, Buku Perkembangan Pribadi, RPL (Satlan/
Satkung) mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan (pengembangan potensi). |

|
|
|
|
b. |
Program BK,
Daftar Siswa Asuh, Peta Siswa, Buku Perkembangan Pribadi, RPL (Satlan/
Satkung) sesuai usia dan tahap perkembangan peserta
didik/konseli. |

|
|
|
|
c. |
Proses pelayanan BK
memfasilitasi pengembangan dimensi pembelajaran (to know,
to do, to be, to live together, dan to believe in God). |
|
|
|
Sesudah : |
d. |
Proses pelayanan BK
memfasiltasi pengembangan peserta didik/konseli sesuai
keragaman latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
7 |
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan,
prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
RPL (Satlan/Satkung) memuat tujuan pelayanan BK
yang dirumuskan secara operasional sesuai kegiatan layanan BK yang diberikan. |

|
|
|
Selama : |
|
|
b. |
Proses pelayanan BK (misalnya
layanan klasikal, bimbingan kelompok,
atau konseling kelompok) yang diberikan memperhatikan prinsip-prinsip
layanan BK. |
|
|
|
|
c. |
Proses pelayanan BK yang
diberikan memperhatikan asas dalam pelayanan BK. |
|
|
|
Sesudah : |
d. |
Proses pelayanan BK yang diberikan memenuhi fungsi layanan BK. |
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
8 |
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi
pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan
karir. |
Sebelum : |
a. |
RPL
(Satlan dan Satkung), Buku Perkembangan Pribadi, Catatan kejadian (anekdot)
memuat pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan/atau
perencanaan karir peserta didik/konseli. |

|
|
Selama
: |
b. |
Proses pelayanan BK yang
diberikan memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan
belajar dan/atau perencanaan karir peserta didik/konseli. |
|
|
Sesudah
: |
c. |
Fasilitasi pengembangan
kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan/atau perencanaan karir
peserta didik/konseli terintergrasi dalam pelayanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
9 |
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai pertumbuhan
fisik dan perkembangan psikologis. |
Sebelum : |
a. |
RPL (Satlan atau satkung) dan laporan konseling
memperhatikan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis peserta
didik/konseli. |
|
|
Selama
: |
|
b. |
Proses pelayanan BK
memperhatikan pertumbuhan fisik dan/atau perkembangan psikologis peserta
didik/konseli. |
|
|
|
|
Sesudah : |
c. |
Proses pelayanan BK memberi kesempatan peserta didik/konseli mengembangkan bakat, minat,
dan potensi pribadi. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
10 |
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar. |
Sebelum : |
a. |
RPL (Satlan dan Satkung) memuat pengembangan
sikap, perilaku, dan kebiasaan belajar. |
|
|
Selama
: |
|
b. |
Proses pelayanan BK memfasilitasi peserta didik/konseli
mengembangkan sikap positif terhadap diri dan lingkungannya. |

|
|
|
|
Sesudah : |
c. |
Proses pelayanan BK memfasilitasi peserta didik/konseli
mengembangkan perilaku sesuai nilai, norma dan aturan yang berlaku. |
|
|
|
|
|
d. |
Proses pelayanan BK memfasilitasi peserta didik/konseli
mengembangkan kebiasaan belajar. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
11 |
Guru BK/Konselor
dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
Rencana
kegiatan konseling dalam RPL memuat penerapan salah satu pendekatan/model
konseling. |
|
|
Selama |
b. |
Kegiatan konseling dirumuskan
sesuai dengan tahapan kegiatan konseling dengan menggunakan pendekatan/model
konseling yang diterapkan |
|
|
|
c. |
Pemilihan jenis pendekatan/
model konseling didasarkan pada permasalahan peserta didik/konseli. |
|
|
Sesudah
: |
d. |
Proses konseling dilakukan
sesuai dengan RPL yang telah disusun. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
12 |
Guru
BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait
dalam pelayanan BK. |
|
a. |
Kolaborasi dengan pihak-pihak
terkait di sekolah dalam pelayanan BK. |
|
|
|
b. |
Kolaborasi dengan pihak-pihak terkait di luar sekolah dalam pelayanan BK. |

|
|
|
|
|
c. |
Kolaborasi dengan pihak-pihak
terkait dilakukan sesuai kaidah-kaidah pelayanan BK. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
13 |
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan
biaya pelaksanaan pelayanan BK. |
|
a. |
Sarana pelayanan BK dikelola
secara efektif. |
|
|
b. |
Biaya pelaksanaan pelayanan BK
digunakan secara efektif dan transparan. |
|
c. |
Penggunaan biaya pelaksanaan
pelayanan BK dibuktikan dengan keterlaksanaan kegiatan. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
|
Penilaian Keberhasilan Layanan BK |
|
14 |
Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian
proses dan hasil pelayanan BK. |
|
a. |
Penilaian proses dilakukan
selama pelayanan BK berlangsung. |
|
|
|
|
b. |
Penilaian hasil (Laiseg)
dilakukan sebelum atau sesudah diakhirinya pelayanan BK. |

|
|
|
|
c. |
Bukti penilaian proses berupa
catatan keterlibatan peserta didik/konseli dan/atau pihak-pihak lain yang
dilibatkan. |
|
|
|
|
d. |
Bukti penilaian hasil berupa
instrumen yang digunakan dan analisis hasil penilaian pelayanan BK. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
C |
EVALUASI,
PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT |
15 |
Guru BK/Konselor dapat
mengevaluasi program BK. |
|
a. |
Evaluasi program BK dilakukan
pada semua tahap pengelolaan pelayanan BK (perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian). |
|
|
|
|
|
b. |
Evaluasi program dianalisis
untuk menentukan kegiatan tindak lanjut pelayanan BK yang dilakukan. |

|
|
|
|
|
c. |
Hasil evaluasi program BK
disosialisasikan kepada pihak terkait (kepala sekolah, guru mata pelajaran,
wali kelas, orang tua siswa, dll) |

|
|
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi digunakan untuk
mengembangkan program BK selanjutnya. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
16 |
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan
pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK. |
|
a. |
Laporan pelaksanaan program
(lapelprog) disusun berdasar hasil evaluasi program BK |
|
|
b. |
Laporan pelaksanaan program
minimal memuat : kegiatan layanan, sasaran, waktu pelaksanaan, evaluasi
proses dan hasil, analisis dan tindak lanjut. |

|
|
c. |
Laporan pelaksanaan program
disosialisasikan pada pihak-pihak terkait. |

|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
17 |
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi
(peran dan fungsi guru BK/ Konselor). |
|
a. |
Memberdayakan kekuatan pribadi,
dan keprofesionalan guru BK/konselor dalam berbagai kegiatan akademik
(seperti pendampingan siswa dalam lomba, pemilihan jurusan/sekolah lanjutan,
dll). |
|
|
b. |
Berpartisipasi aktif dalam
proses pengembangan diri melalui organisasi profesi (seperti MGBK, ABKIN,
atau organisasi profesi sejenis lainnya). |
|
|
c. |
Menyelenggarakan pelayanan BK
sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional guru BK/konselor. |

|
|
d. |
Mendahulukan kepentingan
peserta didik/konseli daripada kepentingan pribadi guru BK/konselor. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
18 |
Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan
dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK. |
|
a. |
Masalah penelitian didasarkan
permasalahan dalam proses pelayanan BK. |
|
|
b. |
Proposal disusun berdasarkan
kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah. |
|
|
c. |
Pelaksanaan penelitian
dilakukan sesuai prosedur penelitian |
|
|
d. |
Laporan penelitian disusun
berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah. |

|
|
|
|
|
e. |
Hasil penelitian ditulis dalam
bentuk artikel, jurnal atau dipresentasikan dalam forum ilmiah. |
|
|
|
|
Jumlah
pernyataan Ya untuk penilaian indikator
kinerja |
5 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Nilai Kinerja
Guru |
|
|
71 |
|
|
Konversi Total Nilai Kinerja Guru ke Skala 100
(Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15) |
100 |
|
|
Kategori Nilai
Kinerja Guru |
|
|
KURANG |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar