CATATAN
PENGAMATAN
Dimensi II : Pembelajaran yang aktif dan efektif
Nama Guru : Salmah
Nama Penilai : Baharudin
Selama Pengamatan
Tanggal
|
20 November 2011
|
Nomor
Butir Penilaian
Indikator
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
Silabus dan RPP, LKS, Lembar evaluasi
|
|
1. Guru
mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Guru
menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)
3. Guru
menanyakan materi yang kemarin dibahas ...
(menanyakan pelajaran yang lalu, apa
tuas, apa saja yang kita pelajari kemarin?
4. Guru meminta
siswa mengangkat tangan
5. Guru
menanyakan bentuk-bentuk energi
6. Siswa
menjawab serentak
7. Guru
mengucapkan ulang jawaban siswa
8. Guru
mengajukan pertanyaan:
energi
listrik menjadi cahaya, apa contohnya?
energi
listrik menjadi energi gerak, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi
panas/kalor, apa contohnya?
9. Guru
menginformasikan energi kinetik dan potensial
10. Guru
mengajukan: apa beda energi kinetik dan potensial, guru mengulang jawaban
siswa
11. Guru
mengajukan pertanyaan :energi potensial,
apa rumusnya (guru menulis rumus Ep = mgh)
12. Guru menanyakan arti dari lambang pada
rumus Ep = mgh
apa E?, apa m?, apa g?
13. Guru
menanyakan :kalau energi kinetik, apa
rumusnya ( guru menulis Ek = 1/2 mv2
14. Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari , yaitu :usaha
15. Guru
menginformasikan bahwa arti usaha
berbeda dalam sehari-hari dan dalam ilmu fisika
16. Guru
mengajukan pertanyaan:
apa
arti usaha dalam sehari hari, apa contohnya, untuk apa?
dalam fisika apa?
guru menunjuk siswa
17. Guru
mendorong meja, lalu bertanya: " apa
yang saya lakukan?"
apa yang mempengaruhi saya mendorong
meja, meja bergerak.
18.
Siswa membuka buku
19 Guru
bertanya kembali :dalam ilmu fisika apa yang dimaksud dengan usaha?
20. Guru
menjelaskan lambang usaha (W) = F x s
(siswa menjawab serentak)
apa w, apa s, apa F (siswa menjawab
serentak)
21. Guru
menunjukkan gambar orang yang mendorong dinding, sambil menjelaskan, apa
dindingnya bergerak? apa dia
melakukan usaha?
22. Guru
:Jadi apa usaha menurut fisika. org ini mendorong dinding, ada gaya?
23. Guru
memperlihatkan gambar orang mendorong dinding secara berame-rame
24. Guru
memperlihatkan gambar ... ia melakukan usaha, apa sama dengan ilmu fisika?
25.Guru
menjelaskan pengertian usaha dengan bantuan
gambar orang sedang menggendong
26. Guru
meyakinkan siswa tentang perbedaaan usaha dalam fisika dengan usaha dalam
kehidupan sehari-hari (klarifikasi)
27. Guru
menyuruh siswa untuk membuka halaman
36 no 1 (membacakan soal)
28. Guru
meminta siswa menjawab soal
29. Siswa melihat buku , membedakan gambar
30. Guru
memperlihatkan alat neraca pegas
31, Guru
mengajukan pertanyaan: siapa yang tahu, alat ini untuk mengukur apa?
32. Guru mendemonstrasikan
menarik benda dengan neraca pegas, di samping
guru ada siswa berdiri mengamati
33. Guru melakukan pengukuran
dengan menggunakan penggaris
34. Guru menuliskan hasil
pengukuran...W -= 1 N s 14 cm jadi
berapa usaha yang dilakukan? apa satuannya?
35. Siswa serentak menjawab joule
36. Guru menginformasikan
bahwa siswa bekerja dalam kelp untuk mengerjakan soal
37. Siswa duduk berkelompok
mengerjakan soal
38. Guru menginstruksikan
siswa untuk diskusi
(kelompok siswa ada yang 5 orang dan ada yang 4 0rg)
39. Guru mengatur siswa untuk
duduk berkelompok
40. Guru berkeliling mendekati
siswa sambil mengatakan :"tulis nama kelompok"!
41. Guru merespon siswa yang bertanya
42. Siswa mengerjakan soal
sambil bercanda, guru memperhatikan
43. Guru berkeliling dan
mendekati satu kelompok, guru merespon siswa yang
bertanya
44. Guru tampak memeriksa
pekerjaan siswa/berkomunikasi dengan kelompok siswa di depan, di tengah, di
belakang
45. Guru meminta siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya
46. Guru meminta kelompok 1, memanggil nama siswa
"Alfredo"
untuk melaporkan hasil pekerjaannya
47. Siswa (Alfredo) membacakan soal,
48. Guru mengajukan pertanyaan
apa contohnya menurut fisika
49. Guru meminta siswa lain
untuk menjawab soal berikutnya sambil memperingati siswa untuk memperhatikan
50 Siswa
kedua membacakan soal 2
52. Guru memberi komentar,
"betul ya"
53. Guru meminta siswa 3,
menulis jawaban di papan tulis
54. Siswa menuliskan jawaban
soal 3
diketahui:
F = 125 N, s= 80 m
ditanya: W ?
W = 125 N x 80 m = 10 000
joule
55. Siswa 4 menulis jawaban
soal 4:
diketahui : amir : F = 50
N
danang: F = 60 N
jarak : S = 500 m
Ditnya : .....w ?
jawab: W= F x s
W1 = 50 Nx 500 m = 25 000 joule
W2 = F x s
60 N x 500 m = 30 000 Joule
W total= 25 000 + 30 000 Joule
56. Guru menjelaskan hasil
pekerjaaan siswa, yang lain sudah betul? siswa menjawab serentak
57. Guru mengintruksikan
kepada siswa untuk mengerjakan soal pada hal 205...soal no....1 sd 4
58. Guru
meminta siswa mempelajari pengertian tentang daya (memberi tugas)
59 Guru mengucapkan salam
|
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar