V. KISI-KISI PENILAIAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU |
|
|
I |
PERENCANAAN PEMBELAJARAN |
|
|
1. |
Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik. |
|
|
2. |
Guru menyusun
bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual dan mutakhir |
|
|
3. |
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
efektif |
|
|
4. |
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran
sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran |
|
|
II |
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF
DAN EFEKTIF |
|
|
A. Kegiatan Pendahuluan |
|
|
5. |
Guru memulai pembelajaran dengan efektif |
|
|
B. Kegiatan Inti |
|
|
6. |
Guru menguasai materi pelajaran. |
|
|
7. |
Guru menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif |
|
|
8. |
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran. |
|
|
9. |
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan
siswa dalam pembelajaran |
|
|
10. |
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat
dalam pembelajaran |
|
|
C. Kegiatan Penutup |
|
|
11. |
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif |
|
|
III |
PENILAIAN PEMBELAJARAN |
|
|
12. |
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur
kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik |
|
|
13. |
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode
penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP |
|
|
14. |
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar