VI. PETA TUGAS UTAMA, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU BERDASARKAN
RUBRIK PENILAIAN KINERJA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No. |
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR
KINERJA GURU |
KOMPETENSI |
PEDAGOGIK |
SOSIAL |
KEPRIBADIAN |
PROFESIONAL |
I |
PERENCANAAN PEMBELAJARAN |
1. |
Guru
memformulasikan tujuan pembelajaran
dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik
peserta didik. |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
|
Transfer Ilmu |
2. |
Guru
menyusun bahan ajar secara runut,
logis, kontekstual dan mutakhir |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
|
Transfer Ilmu |
3. |
Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif |
Transfer
Ilmu/Motivasi/-Hasil Belajar |
|
|
Transfer Ilmu |
4. |
Guru
memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi
pembelajaran |
Transfer
Ilmu/Hasil Belajar |
|
|
|
II |
PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN
EFEKTIF |
A. Kegiatan Pendahuluan |
5. |
Guru
memulai pembelajaran dengan efektif |
Transfer
Ilmu/Motivasi/Hasil Belajar |
|
|
Transfer
Ilmu/Pengguna-an waktu efektif |
B. Kegiatan Inti |
6. |
Guru
menguasai materi pelajaran. |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
|
Transfer Ilmu |
7. |
Guru
menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif |
Transfer Ilmu |
Transfer Ilmu |
Motivasi |
Transfer
Ilmu/Pengguna-an waktu efektif |
8. |
Guru
memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran. |
Transfer Ilmu |
Motivasi |
|
Transfer
Ilmu |
9. |
Guru
memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
Transfer Ilmu |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
10. |
Guru
menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran |
|
|
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
C. Kegiatan Penutup |
11. |
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif |
Transfer
Ilmu/Motivasi |
|
|
Transfer
Ilmu/Hasil Belajar |
III |
PENILAIAN
PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
12. |
Guru
merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar
peserta didik |
Transfer
Ilmu/Hasil Belajar |
|
|
Transfer Ilmu |
13. |
Guru
menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP |
Transfer
Ilmu/Hasil Belajar/Motivasi |
|
|
Transfer Ilmu |
14. |
Guru
memanfatkan berbagai hasil penilaian
untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya. |
Transfer
Ilmu/Hasil Belajar |
Motivasi/Hasil
Belajar |
|
Transfer Ilmu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar