
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
MATAPELAJARAN / GURU KELAS
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN
SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU
PENDIDIKAN
2012
IDENTITAS GURU DAN PENILAI
A.
IDENTITAS GURU YANG DINILAI
1.
Nama dan Gelar :
2.
Status PNS :
3.
NIP :
4.
Pangkat/golongan ruang/TMT :
5.
Jabatan Fungsional :
6.
NUPTK :
7.
Mata Pelajaran yang diampu :
8.
Periode Penilaian :
B.
IDENTITAS SEKOLAH
1.
Nama Sekolah :
2.
NSS/NISN :
3.
Status :
4.
Alamat Sekolah :
a.
Jalan :
b.
Desa/Kelurahan :
c.
Kecamatan :
d.
Kabupaten/Kota :
e.
Provinsi :
f.
Kode Pos :
g.
Telepon :
h.
Faks :
i.
e-mail :
j.
Website :
C.
DATA PENILAIAN
1.
Waktu Pelaksanaan :
a.
Tanggal Pengamatan :
b.
Rentang Pemantauan :
2.
Petugas Penilai
a.
Nama dan Gelar :
b.
Status PNS :
c.
NIP :
d.
Pangkat/golongan ruang/TMT:
e.
Jabatan Fungsional :
f.
NUPTK :
g.
Mata Pelajaran yang diampu :
HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
(Pembelajaran)
Nama guru yang dinilai: Astuti, S.Pd.
Periode
penilaian
08 Februari 2014 s.d 10 Januari 2015
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
|
Semester
|
|
Tahun
2014
|
Semester
|
2
|
||
Kemajuan
|
|
NO
|
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KIERJA GURU
|
NILAI KINERJA
|
I.
|
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|
1.
|
Guru
memformulasikan tujuan pembelajaran
dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik
peserta didik
|
4
|
2.
|
Guru
menyusun bahan ajar secara runut,
logis, kontekstual dan mutakhir
|
4
|
3.
|
Guru merencanakan
kegiatan pembelajaran yang efektif
|
3
|
4.
|
Guru memilih
sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi
pembelajaran
|
4
|
|
Sub Total Nilai
Kinerja Perencanaan Pembelajaran
|
15
|
II.
|
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|
A.
|
Kegiatan pendahuluan
|
|
5.
|
Guru memulai
pembelajaran dengan efektif
|
3
|
B.
|
Kegiatan inti
|
|
6.
|
Guru menguasai
materi pelajaran
|
3
|
7.
|
Guru menerapkan
pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
3
|
8.
|
Guru memanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
3
|
9.
|
Guru memicu
dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
4
|
10.
|
Guru menggunakan
bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
4
|
C.
|
Kegiatan penutup
|
|
11.
|
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan efektif
|
3
|
|
Sub Total Nilai
Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif
|
23
|
III.
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|
12.
|
Guru merancang
alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
2
|
13.
|
Guru menggunakan
berbagai strategi dan metode penilaian
untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai
kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
|
2
|
14.
|
Guru memanfatkan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
2
|
|
Sub Total Nilai
Kinerja Penilaian Pembelajaran
|
6
|
|
|
|
|
TOTAL NILAI
KINERJA GURU
|
44
|
|
KONVERSI TOTAL
NILAI KINERJA GURU KE SKALA 100 (PERMENNEG PAN RAN RB NO 16 TAHUN 2009, PASAL
15)
|
78,57
|
|
KATEGORI NILAI
KINERJA GURU
|
BAIK
|
|
Jakarta,
15
Januari 2014
|
|
Guru yang dinilai
|
Penilai
|
Kepala Sekolah
|
(Astuti, S.Pd.)
|
(Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.)
|
(Drs. M. Usman, M.Pd.)
|
KEBUTUHAN SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Kabupaten Malang
Kabupaten : Malang
Provinsi : Jawa Timur
a. Pernyataan diambil dari laporan EDS
·
Beberapa guru telah mampu menyusun materi tambahan, tetapi mereka tidak berbagi dengan
teman sejawatnya. Sebaiknya guru bisa berbagi dan bekerja sama dengan
guru lain, dan akan lebih baik apabila kerjasama tersebut dilakukan dalam
forum MGMP.
·
Ketidakhadiran
guru merupakan masalah yang sering terjadi, bahkan beberapa guru karena alasan
kesehatan tidak dapat melaksanakan tugas sampai beberapa tahun lamanya. Agar
proses pembelajaran tetap berlangsung sekolah memerlukan guru pengganti.
|
b. Pernyataan diambil dari
Rencana Kegiatan Sekolah
Mengembangkan kapasitas guru minimal
10 orang untuk mampu mengajar “mata pelajaran kedua” pada mata pelajaran inti
(matematika, ilmu pengetahuan alam dan bahasa)
|
Format 1:
Evaluasi Diri Guru untuk
Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Guru (diisi oleh Guru)
Nama Sekolah : SMA Kabupaten Malang
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
|
Alamat : Jalan Profesional
|
Kecamatan : Kepanjen
|
Kabupaten/Kota : Malang
|
Nama Guru : Amanah, S.Pd.
|
Tahun Ajaran : 2013/2014
|
Tanggal : 30 Januari 2014
|
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
EVALUASI DIRI TERHADAP
KOMPETENSI TERKAIT
|
|
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||
1. Guru memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan
memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya
masih belum paham bagaimana menyusun RPP sesuai standar proses dan pendidikan
karakter bangsa
|
|
2. Guru menyusun bahan ajar
secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
||
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Saya sedikit menguasai
berbagai teorri belajar dan implementasinya dalam pembelajaran terutama
teori-teori belajar yang sekarang dirujuk,
misalnya konstruktivisme
|
|
4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi
dan strategi pembelajaran
|
Saya sudah memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
||
A.
Kegiatan pendahuluan
|
||
5. Guru memulai
pembelajaran dengan efektif
|
Kadang-kadang saya
tidak melaksanakan apersepsi
|
|
B.
Kegiatan inti
|
||
6. Guru menguasai
materi pelajaran
|
Saya belum menguasai beberapa topik pelajaran, di
antaranya tentang materi optik dan
listrik di SMP dan aspek kimia di SMP
|
|
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
Saya sudah menerapkan
pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
|
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Saya memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran
|
|
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
|
Komunikasi saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak
menemukan kendala dalam aspek ini.
|
|
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Saya merasa tidak mengalami
kendala dalam menggunakan bahasa kepada peserta didik dalam pembelajaran
|
|
C.
Kegiatan penutup
|
||
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Saya mengalami kendala dalam melakukan tindak lanjut kepada peserta
didik dikarenakan waktu yang tidak cukup
|
|
III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|
|
12. Guru merancang alat penilaian
untuk
mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
Saya mengalami kendala dalam melakukan penilaian aspek afektif
dan psikomotorik
|
|
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
Saya
belum melakukan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalammencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
|
14. Guru memanfatkan berbagai
hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik
tentang kemajuan belajarnya dan bahan
penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
|
Saya
belum memanfatkan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
|
Tanda Tangan Guru
|
Tanda Tangan
Kepala Sekolah
|
Format 2: Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator Guru/MGMP Sekolah)
Nama
Sekolah : SMA Kabupaten Malang
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
|||||||||
Alamat : Jalan
Padaherang
|
Kecamatan
: Kepanjen
|
Kabupaten/Kota : Malang
|
||||||||
Nama
Guru
:Amanah, S.Pd.
|
Tahun
Ajaran : 2013/2014
|
Tanggal : 30 Januari 2014
|
||||||||
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
Ren cana
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk
peningkatan indikator
terkait
|
Strategi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
a
|
b
|
|||||||||
I.
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. Guru memformulasikan
tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai
dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Dilaksanakan Diklat penyusunan
RPP
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
||
2.
Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif
|
1.
Belajar mandiri
materi strategi, pendekatan, model-model pembelajaran
2.
Mentoring dengan
rekan sejawat tentang pengembangan silabus dan RPP berorientasi pembelajaran aktif/konstruktivisme, Observasi pembelajaran rekan sejawat untuk
memperbaiki pembelajaran
3.
Mengikuti
kegiatan MGMP dan mendiskusikan tentang strategi, pendekatan, model-model
pembelajaran.
|
V
|
V
|
|
V
|
|
|
|
||
4.
Guru memilih sumber belajar/
media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
A.
Kegiatan
pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Guru memulai
pembelajaran dengan efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
B.
Kegiatan inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6. Guru
menguasai materi pelajaran
|
1.
Belajar mandiri
materi optik, listrik dan kimia
2.
Memanfaatkan
internet mencari info tentang materi optik, listrik, dan kimia
3.
Belajar di MGMP
materi optik, listrik, dan kimia
|
V
V
|
|
|
V
|
|
|
|
||
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
C.
Kegiatan penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Mandiri memperbaiki/mengatur
ulang startegi pembelajarannya
(pembagian waktu)
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
III.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12. Guru merancang alat
penilaian untuk mengukur kemajuan dan
keberhasilan belajar peserta didik
|
1.
Mengikuti
kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.
Mengikuti diklat pengembangan penilaian berbasis
kompetensi
|
|
|
|
V
|
DINAS
LPMP
|
|
|
||
13. Guru menggunakan berbagai
strategi dan metode penilaian untuk
memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi
tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
|
1.
Mengikuti
kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.
Mengikuti diklat pengembangan penilaian berbasis
kompetensi
|
|
|
|
V
|
DINAS
LPMP
|
|
|
||
14. Guru memanfatkan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
1.
Mengikuti
kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.
Mengikuti diklat pengembangan penilaian berbasis
kompetensi
|
|
|
|
V
|
DINAS
LPMP
|
|
|
||
Tanda tangan
Guru:
|
Tanda tangan
Kepala Sekolah:
|
|||||||||
Catatan:
1.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru
sendiri
2.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru
lain
3.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di
sekolah
4.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di
KKG/MGMPMGBK
5.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh
institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.
Kebutuhan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi
(diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.
Format 3:
Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh
Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah : SMA KabupatenMalang
|
Nomor Standar Sekolah:
|
||||||||||||||||||
Alamat : Jalan Profesional
|
Kecamatan : Kepanjen
|
Kabupaten/Kota:Malang
|
|||||||||||||||||
Tahun Ajaran : 2013/2014
|
Tanggal : 30 Januari 2014
|
||||||||||||||||||
Noo
|
Nama Guru
|
DIMENSI TUGAS
UTAMA/INDIKATOR
|
Kompetensi
Menghasilkan Publikasi
Ilmiah dan Karya Inovatif
|
Kompetensi Penun jang
pembelajaran berkualitas
|
Kompetensi
melaksanakan tugas
tambahan
|
||||||||||||||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Penilaian
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
|
|
|
|||
1.
|
Astuti,
S.Pd
|
|
|
v
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
v
|
v
|
v
|
PTK
dan Artikel
|
TIK
dalam pembelajaran
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
|
Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
|
||||||||||||||||||
Format 4 : Refleksi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan
Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||
BAGIAN A : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
1. Apakah
kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan? Kalau
tidak, apa sebabnya?
|
|
||||
2. Portofolio
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
|
|
||||
3. Apakah guru
sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun
terakhir?
|
|
||||
4. Pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru dan/atau berdasarkan data
dari sumber lain
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN
GURU
|
|||||
1. Dampak positif kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi guru
|
|
||||
2. Dampak positif kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru
untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif
|
|
||||
3. Dampak Kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru
|
|
||||
4. Dampak Kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah
|
|
||||
5. Kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas
peserta didik
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
Apakah guru sudah siap mengajukan
permohonan untuk kenaikan pangkat?
Sudah/Belum
|
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
|
||||
Tanda tangan
Guru:
|
Tanda tangan
Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
|
Tanda tangan
Kepala Sekolah
|
|||
terimakasih pak.saya izin share ya
BalasHapusterimakasih pak.saya izin share ya
BalasHapus