Kamis, 20 Februari 2014

PKG-Evaluasi diri Guru




logo diknas






INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
MATAPELAJARAN / GURU KELAS















KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012


IDENTITAS GURU DAN PENILAI

A.    IDENTITAS GURU YANG DINILAI
1.     Nama dan Gelar                            :
2.     Status PNS                                   :
3.     NIP                                                :
4.     Pangkat/golongan ruang/TMT      :
5.     Jabatan Fungsional                       :
6.     NUPTK                                          :
7.     Mata Pelajaran yang diampu        :
8.     Periode Penilaian                          :

B.    IDENTITAS SEKOLAH
1.     Nama Sekolah                              :
2.     NSS/NISN                                     :
3.     Status                                            :
4.     Alamat Sekolah                             :
a.     Jalan                                       :
b.     Desa/Kelurahan                      :
c.      Kecamatan                              :
d.     Kabupaten/Kota                      :
e.     Provinsi                                   :
f.       Kode Pos                                :
g.     Telepon                                   :
h.     Faks                                        :          
i.       e-mail                                      :
j.       Website                                   :

C.    DATA PENILAIAN
1.     Waktu Pelaksanaan                      :
a.     Tanggal Pengamatan              :
b.     Rentang Pemantauan             :

2.     Petugas Penilai
a.     Nama dan Gelar                      :
b.     Status PNS                             :
c.      NIP                                          :
d.     Pangkat/golongan ruang/TMT:
e.     Jabatan Fungsional                 :
f.       NUPTK                                    :
g.     Mata Pelajaran yang diampu  :



HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
(Pembelajaran)

Nama guru yang dinilai: Astuti, S.Pd.

Periode penilaian
08  Februari  2014 s.d 10 Januari 2015
     (tanggal, bulan, tahun)                        (tanggal, bulan, tahun)
Semester

Tahun
2014
Semester
2
Kemajuan


NO
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KIERJA GURU
NILAI KINERJA
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.
Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
4
2.
Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
4
3.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
3
4.
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
4

Sub Total Nilai Kinerja Perencanaan Pembelajaran
15
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.
Kegiatan pendahuluan
5.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
3
B.
Kegiatan inti
6.
Guru menguasai materi pelajaran
3
7.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
3
8.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
3
9.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
4
10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
4
C.
Kegiatan penutup
11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
3

Sub Total Nilai Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif
23
III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
12.
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
2
13.
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
2
14.
Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
2

Sub Total Nilai Kinerja Penilaian Pembelajaran
6



TOTAL NILAI KINERJA GURU
44

KONVERSI TOTAL NILAI KINERJA GURU KE SKALA 100 (PERMENNEG PAN RAN RB NO 16 TAHUN 2009, PASAL 15)
78,57

KATEGORI NILAI KINERJA GURU
BAIK





                                                           Jakarta, 15 Januari  2014
Guru yang dinilai
Penilai
Kepala Sekolah



        (Astuti, S.Pd.)
 (Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.)
       (Drs. M. Usman, M.Pd.)

















KEBUTUHAN SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Kabupaten Malang
Kabupaten                   : Malang
Provinsi                       : Jawa Timur


a. Pernyataan diambil dari laporan EDS
·        Beberapa guru telah mampu menyusun materi tambahan, tetapi mereka tidak berbagi dengan teman sejawatnya. Sebaiknya guru bisa berbagi dan bekerja sama dengan guru lain, dan akan lebih baik apabila kerjasama tersebut dilakukan dalam forum MGMP.
·        Ketidakhadiran guru merupakan masalah yang sering terjadi, bahkan beberapa guru karena alasan kesehatan tidak dapat melaksanakan tugas sampai beberapa tahun lamanya. Agar proses pembelajaran tetap berlangsung sekolah memerlukan guru pengganti.

              
b.   Pernyataan diambil dari Rencana Kegiatan Sekolah  

Mengembangkan kapasitas guru minimal 10 orang untuk mampu mengajar “mata pelajaran kedua” pada mata pelajaran inti (matematika, ilmu pengetahuan alam dan bahasa)

Format 1:   Evaluasi Diri  Guru untuk Rencana  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru  (diisi oleh Guru)

Nama Sekolah : SMA Kabupaten Malang
Nomor Statistik Sekolah: 
Alamat              : Jalan Profesional
 Kecamatan    : Kepanjen
Kabupaten/Kota : Malang
Nama Guru      : Amanah, S.Pd.
Tahun Ajaran : 2013/2014
 Tanggal                 : 30 Januari  2014
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
EVALUASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI TERKAIT 
I.     PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.    Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Saya masih belum paham bagaimana menyusun RPP sesuai standar proses dan pendidikan karakter bangsa
2.    Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
Saya  pernah membuat bahan ajar
3.    Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Saya sedikit menguasai berbagai teorri belajar dan implementasinya dalam pembelajaran terutama teori-teori belajar yang sekarang dirujuk, misalnya konstruktivisme
4.    Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Saya sudah memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
II.   PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.   Kegiatan pendahuluan
5.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
Kadang-kadang saya tidak melaksanakan apersepsi
B.   Kegiatan inti
6.    Guru menguasai materi pelajaran
Saya belum menguasai  beberapa topik pelajaran, di antaranya tentang  materi optik dan listrik di SMP dan aspek kimia di SMP
7.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Saya sudah menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
8.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya  memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
9.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Komunikasi saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala dalam aspek ini.
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
Saya merasa tidak mengalami kendala dalam menggunakan bahasa  kepada peserta didik dalam pembelajaran
C.   Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya mengalami kendala dalam melakukan tindak lanjut kepada peserta didik dikarenakan waktu yang tidak cukup
III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN

12. Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Saya mengalami kendala dalam melakukan penilaian  aspek afektif dan psikomotorik
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
Saya belum melakukan   berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalammencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya belum memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Tanda Tangan Guru
Tanda Tangan  Kepala Sekolah





Format 2:  Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator Guru/MGMP Sekolah)
Nama Sekolah : SMA Kabupaten Malang
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat              : Jalan Padaherang
Kecamatan      : Kepanjen
Kabupaten/Kota : Malang
Nama Guru      :Amanah, S.Pd.
Tahun Ajaran  : 2013/2014
Tanggal                  : 30 Januari  2014
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
Ren cana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan indikator terkait
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
a
b
 I.    PERENCANAAN PEMBELAJARAN








1.    Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik

Dilaksanakan Diklat penyusunan RPP





V

V



2.    Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir








3.    Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
1.  Belajar mandiri materi strategi, pendekatan, model-model pembelajaran
2.  Mentoring dengan rekan sejawat tentang pengembangan silabus dan RPP berorientasi  pembelajaran aktif/konstruktivisme,  Observasi pembelajaran rekan sejawat untuk memperbaiki pembelajaran
3.  Mengikuti kegiatan MGMP dan mendiskusikan tentang strategi, pendekatan, model-model pembelajaran.


V









V

















V



4.    Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran












II.    PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF








A.   Kegiatan pendahuluan








5.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif









B.   Kegiatan inti








6.    Guru menguasai materi pelajaran
1.  Belajar mandiri materi optik, listrik dan kimia
2.  Memanfaatkan internet mencari info tentang materi optik, listrik, dan kimia
3.  Belajar di MGMP materi optik, listrik, dan kimia
V

V










V



7.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif








8.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran








9.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran








10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran








C.   Kegiatan penutup








11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Mandiri memperbaiki/mengatur ulang  startegi pembelajarannya (pembagian waktu)
V






III.        PENILAIAN PEMBELAJARAN








12. Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
1.      Mengikuti kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.      Mengikuti  diklat pengembangan penilaian berbasis kompetensi



V


DINAS
LPMP



13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
1.     Mengikuti kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.     Mengikuti  diklat pengembangan penilaian berbasis kompetensi




V


DINAS
LPMP



14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
1.     Mengikuti kegiatan MGMP pembahasan materi penilaian berbasis kompetensi
2.     Mengikuti  diklat pengembangan penilaian berbasis kompetensi




V


DINAS
LPMP



Tanda tangan Guru:


Tanda tangan Kepala Sekolah:














Catatan:
1.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru sendiri
2.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di KKG/MGMPMGBK
5.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.      Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.

Format 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Nama Sekolah : SMA KabupatenMalang
Nomor Standar Sekolah:
Alamat              : Jalan Profesional
Kecamatan : Kepanjen
Kabupaten/Kota:Malang
Tahun Ajaran  : 2013/2014
Tanggal       : 30 Januari  2014
Noo
Nama Guru
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
Kompetensi
Menghasilkan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
Kompetensi Penun jang pembelajaran berkualitas
Kompetensi
melaksanakan tugas tambahan
Perencanaan
Pelaksanaan
Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14



1.
Astuti, S.Pd


v


v




v

v


v


v

PTK dan Artikel
TIK dalam pembelajaran

-

















































































Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,





Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan




























Format 4  :  Refleksi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
 Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:    
BAGIAN A : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
1.  Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan?  Kalau tidak, apa sebabnya?

2.  Portofolio kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?

3.  Apakah guru sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?

4.  Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain

BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN GURU
1.  Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi guru

2.  Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif

3.  Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru

4.  Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah

5.  Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didik

BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Apakah guru sudah siap mengajukan permohonan untuk kenaikan pangkat?                                                             Sudah/Belum                                                        
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
Tanda tangan Guru:




Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan



Tanda tangan Kepala Sekolah











2 komentar: