VIII. RUBRIK
PENILAIAN
KINERJA GURU
III.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1.
Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat evaluasi untuk
mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta
Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan
lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes
lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
apakah jenis dan teknik penilai yang
direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
b.
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur
kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau
psikomotorik.
|
b.
apakah alat tes yang dikembangkan dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik
dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif
|
c. Rancangan
penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
|
c.
apakah guru merancang penilaian portofolio
dalam bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi buku,
membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas proyek,
dsb)
|
d. Hasil
analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan untuk keperluan program perbaikan
(remedial, pengayaan, dan/atau
menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
d.
apakah guru melakukan analisis hasil
penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan:
masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru
|
2.
Indikator Kinerja 3.1: Guru menggunakan berbagai strategi dan
metode penilaian untuk memantau kemajuan
dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta
Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan
lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis,
pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar
peserta didik.
|
a.
apakah selama proses pembelajaran guru
melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar
dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb)
|
b.
Menggunakan teknik penilaian (ulangan
harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil
belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
|
b.
apakah diakhir pembelajaran guru
melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya
ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
|
c.
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk
tugas terstruktur
|
c.
apakah guru melaksanakan penilaian
portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur
(misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan
pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
|
d. Menggunakan
alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar
sebagaimana disusun dalam RPP.
|
d.
apakah alat dan teknik pelaksanaan penilaian
tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
|
3.
Indikator Kinerja 3.1: Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik
bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta
Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan
lain-lain), catatan hasil wawancara dengan peserta didik, orang
tua dan mungkin kolega, rencana dan program pelaksanaan pengembangan
keprofesian berkelanjutan, sertifikat pelaksanaan keprofesian berkelanjutan,
dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
a.
apakah guru melakukan dan memiliki hasil
analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah,
sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan
|
b.
Menggunakan hasil penilaian untuk
menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
b.
apakah hasil penilaian digunakan guru dalam
penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya dengan menggunakan RPP)
|
c.
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar
peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai
refleksi belajarnya
|
c.
apakah guru memiliki catatan kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua dan teman
sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah diberikan
komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui
wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta
menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)
|
d.
Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif
untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial
untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
|
d.
guru dapat membuktikan kegiatan pengembangan
keprofesian yang telah diikutinya
didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar