VIII. RUBRIK
PENILAIAN
KINERJA GURU
II.
PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN
YANG AKTIF DAN EFEKTIF
1.
Indikator Kinerja 2.1: Kemampuan
Memulai Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Melakukan
apersepsi
|
a.
mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan
menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan
sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran
|
b. Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dalam rencana kegiatan
|
b. menyampaikan kemampuan yang akan dicapai
dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan mengatakan bahwa setelahpembelajaran selesai siswa
dapat menjelaskan faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana kegiatan
misalnya, individual,kerja kelompok, dan melakukan observasi
|
2.
Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi
Pelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Kemampuan menyesuiakan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP
|
b.
materi yang disampaikan dikaitkan dengan bidang
studi lainnya, misalnya mengaitkan aristmatik (operasi bilangan)dengan IPS (transaksi
ekonomi).
|
|
c.
Tingkat ketepatan
pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
c.
materi ajar sesuai dengan topik yang dibahas
|
d. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
d.
materi disampaikan secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak
|
3.
Indikator Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran,
catatan hasil wawancara dengan peserta didik, dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai
|
a.
materi, strategi dan kegiatan belajar sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai
(kognitif, psikomotor, dan afektif)
|
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
b.
Materi disajikan
sistematis dengan menggunakan stragi pembelajaran yang tepat
|
c. Menguasai kelas
|
c.
Perhatian peserta didik terfokus pada belajar,
disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali
|
d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat
kontekstual
|
d.
materi ajar disampaikansesuai dengan kondisi
kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta
didik
|
e. Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
|
e.
kegiatan belajar dapat mendorong kebiasaan peserta
didik untuk bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawab berpikir
kritis, dsb.
|
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
alokasi waktu yang direncanakan
|
f.
pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan
alokasi waktu yang disediakan
|
4.
Indikator Kinerja 2.3: Pemanfaatan
sumber belajar /media pembelajaran
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
a. guru
terampil memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat
menggunakan media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya) untuk mencapai target sesuai dengan alokasi
waktu
|
b. Menghasilkan pesan yang menarik
|
b. media
yang digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat
ditangkap dengan jelas
|
c. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan
pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
c.
peserta didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
5.
Indikator Kinerja 2.4: Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil
pengamtan pembelajaran
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa
melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
a. kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan
peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik
|
b. Merespon positif partisipasi siswa
|
b. guru
merespon positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan
pujian, meminta peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain,
menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang
ditegur, dsb)
|
c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons siswa
|
c. guru
menghargai pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui
keterbatasan diri peserta didik
|
d. Menunjukkan hubungan antarpribadi yang
kondusif
|
d. menunjuk
sikap ramah, luwes, hangat, sopan, menghargai
keragaman budaya dan latar belakang peserta didik
|
e. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme
siswa dalam belajar
|
e.
suasana belajar yang menyenang dan menarik
|
6.
Indikator Kinerja 2.4: Penggunaan
bahasa
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Menggunakan bahasa lisan secara jelas
dan lancar
|
a. bahasa
lisan yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir
serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
b. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan
benar
|
b. bahasan
tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb)
yang digunakan memenuhi kaidah bahasa
yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat
dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
c. Menyampaikan pesan dengan gaya yang
sesuai
|
c.
informasi disampaikan dengan ekspresi wajah,
intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan pesan yang disampaikan
|
7.
Indikator Kinerja 2.5: Kemampuan
Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal:
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan siswa
|
a. guru
mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam
kegiatan belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan
kejadian lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman
|
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
b.
memberikan kegiatan/tugas khusus bagi
peserta didik yang belum dan telah mencapai kompetensi (misalnya dalam bentuk
latihan, bantuan belajar, tugas khusus sebagai tutor sebaya, dsb)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar