VIII. RUBRIK
PENILAIAN
KINERJA GURU
PETUNJUK
1.
Kumpulkan
dokumen perangkat pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan hasil pengamatan selama dan
sesudah pembelajaran, serta cacatan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2.
Baca
dengan cermat butir penilaian kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya
bandingkan hasil analisis dokumen sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan hasil pengamatan selama dan
sesudah pembelajaran, serta cacatan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik, untuk menetapkan butir penilian
kinerja terpenuhi atau tidak.
3.
Jika
masing-masing butirdalam rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan
dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika masing-masing butir pernyataan
tersebut hanya sebagian atau tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK
dengan memberi tanda (√).
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.
Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
CONTOH
|
|
a. Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang
akan dicapai.
|
a.
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP
telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
|
IPK
|
T.Pemb.
|
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah
|
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur : berkenalan, bertemu dan berpisah
|
||
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional:
berkenalan, bertemu dan berpisah
|
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana interpersonal / transaksional :
berkenalan, bertemu dan berpisah
|
||
b. Tujuan pembelajaran memuat gambaran
proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kebutuhan belajarnya
|
b.
Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan
dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat
dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai
hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik
lainnya
|
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
o
Merespon dengan benar terhadap tindak
tutur : berkenalan, bertemu dan berpisah
o
Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana interpersonal / transaksional : berkenalan, bertemu dan berpisah
|
|
c. Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan
kebutuhan belajar peserta didik
|
c.
Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan
sesuai dengan tingkat an kelas
|
|
2.
Indikator1.2 Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Bahan ajar disusun dari yang sederhana
ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan
pembelajaran
|
a. Bahan ajar disusun dari yang sederhana
ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan ajar
disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan
lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan ajar
disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta
didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi
tinggi dan rendah
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai dengan
konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai dengan
konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku
pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan
|
3.
Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan pembelajaran
yang efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Strategi, pendekatan, dan metode
pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
/kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
a. Strategi, pendekatan, dan metode
pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
/kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
b. Strategi dan metode pembelajaran yang
dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
b. Strategi dan metode pembelajaran yang
dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
c. Strategi dan metode pembelajaran yang
dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
peserta didik.
|
c. Strategi dan metode pembelajaran yang
dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
peserta didik.
|
d. Setiap tahapan pembelajaran diberi
alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas
materi dan/atau kebutuhan belajar
peserta didik.
|
d.
Setiap
tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan
memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik
|
4.
Indikator Kinerja 1.4: Guru memilih sumber belajar/ media
pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio
Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio
visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
|
a. Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual,
Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat dipakai untuk mencapai tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
|
b. Sumber belajar/media pembelajaran
termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya
lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe,
dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
b. Sumber belajar/media pembelajaran
termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya
lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe,
dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
c. Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
peserta didik.
|
c. Sumber
belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan
kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar