Kamis, 20 Februari 2014

PKG-Perencanaan Pembelajaran



VIII. RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU

PETUNJUK
1.    Kumpulkan dokumen perangkat pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2.    Baca dengan cermat butir penilaian kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik, untuk menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3.    Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).


I.        PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.        Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.

               Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN


CONTOH

a.      Tujuan pembelajaran dirumuskan  dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
a.      Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
IPK
T.Pemb.
Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah
Merespon dengan benar terhadap tindak tutur : berkenalan, bertemu dan berpisah

Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah
Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana interpersonal / transaksional : berkenalan, bertemu dan berpisah

b.      Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya

b.      Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik lainnya
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
o    Merespon dengan benar terhadap tindak tutur : berkenalan, bertemu dan berpisah
o    Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana interpersonal / transaksional : berkenalan, bertemu dan berpisah

c.      Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik
c.      Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas 


2.        Indikator1.2 Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.      Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
a.      Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
b.      Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan rendah

c.      Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

c.      Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.      Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
d.      Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan

3.        Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.      Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
a.      Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
b.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
b.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
c.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
c.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

d.      Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik.
d.      Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik

4.        Indikator Kinerja 1.4: Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.      Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
a.      Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
b.      Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
b.      Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
c.      Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
c.    Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar