Kamis, 20 Februari 2014

PKG-catatan pengamatan



CATATAN PENGAMATAN
Dimensi        II        : Pembelajaran yang aktif dan efektif
Nama Guru                 : Salmah
Nama Penilai               : Baharudin

Selama Pengamatan
Tanggal
20 November 2011
Nomor
Butir Penilaian
Indikator
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Silabus dan RPP, LKS, Lembar evaluasi
1. Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
2. Guru menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)
3. Guru menanyakan materi yang kemarin dibahas ...
    (menanyakan pelajaran yang lalu, apa tuas, apa saja yang kita pelajari kemarin?
4. Guru meminta siswa mengangkat tangan
5. Guru menanyakan bentuk-bentuk energi
6. Siswa menjawab serentak
7. Guru mengucapkan ulang jawaban siswa
8. Guru mengajukan pertanyaan:
energi listrik menjadi cahaya, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi gerak, apa contohnya?
energi listrik menjadi energi panas/kalor, apa contohnya?
9. Guru menginformasikan energi kinetik dan potensial
10. Guru mengajukan: apa beda energi kinetik dan potensial, guru mengulang jawaban siswa
11. Guru mengajukan pertanyaan :energi potensial, apa rumusnya (guru menulis rumus Ep = mgh)
12.  Guru menanyakan arti dari lambang pada rumus Ep = mgh
     apa E?, apa m?, apa g?
13. Guru menanyakan :kalau energi kinetik, apa rumusnya ( guru menulis Ek = 1/2 mv2
14. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari , yaitu :usaha
15. Guru menginformasikan bahwa  arti usaha berbeda dalam sehari-hari dan dalam ilmu fisika
16. Guru mengajukan pertanyaan:
     apa arti usaha dalam sehari hari, apa contohnya, untuk apa?
      dalam fisika apa? guru menunjuk siswa
17. Guru mendorong meja, lalu bertanya: " apa yang saya lakukan?"
      apa yang mempengaruhi saya mendorong meja, meja bergerak.
18. Siswa  membuka buku
19 Guru bertanya kembali :dalam ilmu fisika apa yang dimaksud dengan usaha?
20. Guru menjelaskan  lambang usaha (W) = F x s (siswa menjawab serentak)
      apa w, apa s, apa F (siswa menjawab serentak)
21. Guru menunjukkan gambar orang yang mendorong dinding, sambil menjelaskan, apa dindingnya   bergerak? apa dia melakukan usaha?
22. Guru :Jadi apa usaha menurut fisika. org ini mendorong dinding, ada gaya?
23. Guru memperlihatkan gambar orang mendorong dinding secara berame-rame
24. Guru memperlihatkan gambar ... ia melakukan usaha, apa sama dengan ilmu fisika?
25.Guru menjelaskan pengertian usaha dengan bantuan  gambar orang sedang menggendong
26. Guru meyakinkan siswa tentang perbedaaan usaha dalam fisika dengan usaha dalam kehidupan sehari-hari (klarifikasi)
27. Guru menyuruh  siswa untuk membuka halaman 36 no 1 (membacakan soal)
28. Guru meminta siswa menjawab soal
29.  Siswa melihat buku , membedakan gambar
30. Guru memperlihatkan alat neraca pegas
31, Guru mengajukan pertanyaan: siapa yang tahu, alat ini untuk mengukur apa? 
32. Guru mendemonstrasikan menarik benda dengan neraca pegas, di samping guru ada siswa berdiri mengamati
 33.  Guru melakukan pengukuran dengan menggunakan penggaris
34. Guru menuliskan hasil pengukuran...W -= 1 N  s 14 cm jadi berapa usaha yang dilakukan? apa satuannya?
35. Siswa serentak      menjawab joule
36. Guru menginformasikan bahwa siswa bekerja dalam kelp untuk mengerjakan soal
37. Siswa duduk berkelompok mengerjakan soal
38. Guru menginstruksikan siswa untuk diskusi
     (kelompok siswa ada yang 5 orang dan ada yang 4 0rg)
39. Guru mengatur siswa untuk duduk berkelompok
40. Guru berkeliling mendekati siswa sambil mengatakan :"tulis nama kelompok"!
41. Guru  merespon siswa yang bertanya
42. Siswa mengerjakan soal sambil bercanda, guru memperhatikan
43. Guru berkeliling dan mendekati satu kelompok, guru merespon siswa yang bertanya
44. Guru tampak memeriksa pekerjaan siswa/berkomunikasi dengan kelompok siswa di depan, di tengah, di belakang
45. Guru meminta siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
46. Guru meminta kelompok 1, memanggil nama siswa "Alfredo" untuk melaporkan hasil pekerjaannya
47. Siswa (Alfredo) membacakan soal,
48. Guru mengajukan pertanyaan apa contohnya menurut fisika
49. Guru meminta siswa lain untuk menjawab soal berikutnya sambil memperingati siswa untuk memperhatikan
50  Siswa kedua membacakan soal 2
52. Guru memberi komentar, "betul ya"
53. Guru meminta siswa 3, menulis jawaban di papan tulis
54. Siswa menuliskan jawaban soal 3
diketahui:
 F = 125 N, s= 80 m
ditanya: W ?
W = 125 N x 80 m = 10 000 joule
55. Siswa 4 menulis jawaban soal 4:
diketahui : amir : F = 50 N
danang: F = 60 N
jarak : S = 500 m
Ditnya   : .....w ?
jawab:  W= F x s
W1 =  50 Nx 500 m = 25 000 joule
W2 = F x s
           60 N x 500 m = 30 000 Joule
W total=  25 000 + 30 000 Joule
56. Guru menjelaskan hasil pekerjaaan siswa, yang lain sudah betul? siswa menjawab serentak
57. Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mengerjakan soal pada hal 205...soal no....1 sd 4
 58. Guru meminta siswa mempelajari pengertian tentang daya (memberi tugas)
59 Guru mengucapkan salam



Tindak lanjut yang diperlukan:
  1. Perlu melihat tugas yang diberikan minggu sebelumnya
  2. Memperbaiki LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar