Kamis, 20 Februari 2014

PKG-Kompetensi


VI. PETA TUGAS UTAMA, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU BERDASARKAN RUBRIK PENILAIAN KINERJA









No. DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU KOMPETENSI
PEDAGOGIK SOSIAL KEPRIBADIAN  PROFESIONAL
I PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.  Transfer Ilmu/Motivasi     Transfer Ilmu
2. Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir Transfer Ilmu/Motivasi     Transfer Ilmu
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif Transfer Ilmu/Motivasi/-Hasil Belajar     Transfer Ilmu
4. Guru memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran Transfer Ilmu/Hasil Belajar      
II PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A. Kegiatan Pendahuluan
5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif Transfer Ilmu/Motivasi/Hasil Belajar     Transfer Ilmu/Pengguna-an waktu efektif
B. Kegiatan Inti
6. Guru menguasai materi pelajaran.  Transfer Ilmu/Motivasi     Transfer Ilmu
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif Transfer Ilmu Transfer Ilmu Motivasi Transfer Ilmu/Pengguna-an waktu efektif 
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran. Transfer Ilmu Motivasi   Transfer Ilmu
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran Transfer Ilmu/Motivasi Transfer Ilmu Transfer Ilmu/Motivasi  
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran     Transfer Ilmu/Motivasi  
C. Kegiatan Penutup 
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif Transfer Ilmu/Motivasi     Transfer Ilmu/Hasil Belajar
III PENILAIAN PEMBELAJARAN        
12. Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik Transfer Ilmu/Hasil Belajar     Transfer Ilmu
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP Transfer Ilmu/Hasil Belajar/Motivasi     Transfer Ilmu
14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya. Transfer Ilmu/Hasil Belajar Motivasi/Hasil Belajar   Transfer Ilmu









Tidak ada komentar:

Posting Komentar